Sabtu, 29 Desember 2012

Dampak Negatif Sampah Terhadap Kehidupan Laut dan Manusia

Hello agaiinnn !!! Pasukan Oranges is Back !! Hari ini kita akan membahas mengenai Dampak negatif atau buruk dari sampah bagi kehidupan laut dan kitaa :D

Banyak dari kita yang selalu memimpikan liburan di pantai. Banyak yang menyukai pemandangan lautnya, bermain pasir, menghirup wanginya pantai dan juga berenang di air yang jernih dan segar. Akan tetapi, apa yang kita lihat pertama kali ketika kita sampai? Pasti ada sampah.

Pantai indah yang kita impikan sudah tercemar sampah. namun, sadarkah kita bahwa kita jugalah, manusia, yang mencemarinya dengan sampah. Banyak pengunjung pantai yang suka membuang sampah sembarangan di pantai dan laut. Manusia terkadang malas untuk menyimpan sampah sebentar hingga ia menemukan tempat sampah atau bahkan bergerak mencari tempat sampah.

Hai teman-teman, selain merusak pemandangan laut dan pantai, sampah juga mengakibatkan dampak negatif lain bagi kehidupan laut dan kita, yang menikmati keindahannya.

Berikut, dampak negatif sampah terhadap kehidupan laut dan manusia.
1. Sampah mengganggu pergerakan satwa laut yang terjerat didalamnya
Banyaknya sampah di laut, baik yang mengambang maupun yang tenggelam, semua itu mengganggu pergerakan para satwa laut seperti ikan, penyu, dan anjing laut. Sampah kantong plastik, jaring, dan tali pancing menjadi penghalang bagi pergerakan satwa laut. Banyak ikan yang perjalanannya terhalang oleh plastik-plastik bahkan terjerat benang pancingan.
2. Banyak satwa laut yang mati akibat mengira sampah plastik sebagai makanannya
Akibat sampah, makanan satwa laut menjadi tercemar, dan mereka bahkan bingung mengenai makanan apa yang baik dan patut dimakan. Banyak satwa laut seperti ikan, penyu, bahkan burung yang makan ikan laut yang memakan sampah plastik. Karena memakan sampah, banyak dari mereka yang mati karena sampah plastik berbahaya dan bahkan tidak bisa terurai. Lebih bahayanya lagi jika ikan yang memakan racun di laut itulah ikan yang kita makan juga.

3. Tumpukan sampah di laut mencemari kejernihan dan kesegaran air laut
Jenis sampah yang dibuang di laut sangat beragam. Ada yang merupakan sampah plastik, botol, bahkan sisa makanan manusia serta pembuangan dari kapal yang melaut. Semua jenis sampah itu dapat mencemari air laut. Plastik dan botol minuman bekas, yang dalam pembuatannya mengandung bahan kimia, dapat menyebarkan racunnya ke air laut. Sisa makanan manusia dan pembuangan dari kapal juga merncemari air laut karena pembusukan sisa makanan tersebut. Air laut yang harum wanginya, bisa menjadi bau busuk. Rasa air laut yang asinpun dapat menjadi rasa lain karena tercampur makanan sisa yang membusuk di laut.

4. Sampah mengganggu kegiatan olahraga selancar dan menyelam
Para peselancar terganggu kegiatannya akibat semakin banyaknya laut yang tercemar sampah sehingga semakin sulit mencari pantai yang ombaknya tinggi serta bersih dari sampah.
Penyelampun mengeluh mengenai sampah yang menutupi keindahan bawah laut. Cantiknya terumbu karang harus diganggu oleh sampah yang berada disekitarnya bahkan tersangkut di terumbu karang.

5. Laut yang sudah tercemar sampah akan menyebabkan penyakit
Jika laut sudah tercemar sampah, maka virus, bakteri dan parasit akan hidup didalamnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit bagi orang-orang yang berenang di laut. Penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh air laut yang tercemar adalah diare, infeksi hidung, telinga, dan mata serta gangguan pada kulit.

6. Sampah di laut menghambat perjalanan dan merusak kapal laut
Sampah yang ada di laut dapat menghambat bekerja baling-baling kapal yang ada di bawah laut. Terhambatnya kerja baling-baling kapal juga dapat merusak sistem dan membahayakan tangkai kemudi. Sampah-sampah yang tersangkut dapat pula menyebabkan proses pengambilan air laut ke kapal dan evaporator kapal menjadi terhambat.

Nah demikian lah beberapa dampak negatif dari sampah-sampah yang ada di laut bagi kehidupan laut dan juga manusia. Banyak sekali yang dirugikan bila sampah mencemari laut. Maka daripada itu, ayo buanglah sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah ke laut! Keindahan laut itu milik bersama, jadi jangan dikotori yah :D #TrashToTrashbin (Mei)

sumber:


8 komentar:

  1. makasih atas informasi yang sangat membantu ini :D

    BalasHapus
  2. makasih atas informasi yang sangat membantu ini :D

    BalasHapus
  3. izin share ya...tulisannya mau saya jadikan spanduk di pulau gusung bontang...semoga di setujui

    BalasHapus


  4. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus
  5. thanks for info https://bit.ly/2ylC3uW

    BalasHapus
  6. Plastik adalah polimer rantai-panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau “monomer”. Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. (beberapa minat komersial juga berdasar silikon). Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan “bergantung” dari tulang-belakang (biasanya “digantung” sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer). Jasa Penulis Artikel SEO pabrik penerima limbah plastik

    BalasHapus