Sabtu, 15 Desember 2012

Bank Sampah: Tukar Sampah dengan Rupiah/From Trash to Cash


Bank Sampah adalah konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan namun yang ditabung disini bukanlah uang tetapi sampah. 


Warga yang menabung di Bank sampah juga disebut sebagai nasabah. Ketika mereka menabung sampahnya di Bank Sampah, mereka akan mendapatkan uang. Hal ini bisa disebut sebagai barter. Hmm seperti zaman dahulu saja yah :D Kalau nasabah mau meminjam uang, hal tersebut juga bisa dilakukan. Namun, ada perjanjian dimana nantinya mereka harus menabung sampah sesuai dengan uang yang mereka pinjam.

Tujuan Bank Sampah adalah untuk membangun kepedulian masyarakat dalam mengurangi jumlah sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi (uang) secara langsung dari sampah tersebut. Bank  Sampah juga bertujuan untuk mendaur ulang sampah-sampah yang ada dan menjualnya kembali dalam bentuk kerajinan tangan.

Dengan adanya Bank Sampah, masyarakat lama-kelamaan akan menjadi disiplin dalam mengelola sampah mereka karena nantinya mereka juga akan mendapat pendapatan dari sampah tersebut.

Bank Sampah pertama ada di Indonesia! Ya benar! Namanya adalah Gemah Ripah yang didirikan oleh masyarakat Dusun Bandegan, Bantul DI Yogyakarta.

Bank Sampah di Indonesia yang masih aktif hingga saat ini adalah Bank Sampah Malang di kota Malang dan Bank Sampah Bina Mandiri di kota Surabaya serta Bank Sampah di Bantul.

Bank Sampah juga sudah diberlakukan dibeberapa sekolah di Indonesia. Mereka adalah SMKN 10 dan SMA Shafta Surabaya, SMK Wirakrama Bogor, SDN 95 PekanBaru dan SMPN 11 Jambi.

Bagaimana Proses dan Cara kerja Bank Sampah? Singkatnya, yang pertama, masyarakat menyetor sampah mereka ke Bank Sampah dan berat sampahnya akan dihitung. Biasanya sampah yang disetor minimal 1 kg. Setelah itu, sejumlah uang akan dimasukkan ke dalam rekening tabungan sampah.  Kedua sekaligus yang terakhir semua sampah itu akan di daur ulang hingga menjadi barang kerajinan tangan dan dijual kembali kepada masyarakat.

Nah, itu dia informasi mengenai Bank Sampah! Bagi yang belum tahu, sekarang jadi tahukan. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman. Harapan Pasukan Oranges, disetiap kota di Indonesia memberlakukan Bank Sampah, jadi masyarakat akan semangat dalam mengumpulkan sampah untuk ditukarkan menjadi rupiah. Dengan begitu, perlahan-lahan sampah di Indonesia akan berkurang dan Indonesia semakin bersih juga sehat.

Hidup Bank Sampah! Hidup Indonesia yang Bersih dan Sehat !! :D (Mei)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar