Minggu, 02 Desember 2012

Effective Ways of Recycling

Haloo teman-teman...... meet us again...... Pasukan oranges..... 

Hari ini kita akan membahas bagaimana caranya agar lingkungan di sekitar kita tidak tertimbun oleh sampah plastik, tentunya adalah dengan menggunakan sistem daur ulang. Tetapi masih banyak masyarakat yang menggangap bahwa cara ini terlalu rumit untuk dilakukan secara individu. Nah bagaimana ya caranya agar masyarakat secara individu bisa mendaur ulang dengan mudah?.....sekarang pasukan oranges akan memberitahu teman-teman 6 cara daur ulang yang efektif untuk menjaga kebersihan lingkungan kita.

1. Mengganti barang plastik lama
  Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mengganti barang-barang plastik lama dengan barang-barang yang lebih ramah lingkungan seperti toples kaca yang lebih tahan lama atau mengganti dengan barang-barang plastik yang mempunyai tanda recycle. Kenapa begitu? karena seiring berlalunya waktu, wadah plastik bisa mengeluarkan bahan kimia dan racun yang berbahaya. Terutama jika sudah terlalu sering dipakai, dan digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (zat yang dapat menyebabkan kanker).

2. Lakukan langkah-langkah pencegahan ketika berada di luar rumah
   Ketika sedang berada di alam bebas, usahakan untuk tidak meninggalkan sampah dan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kita membantu menjaga kebersihan alam kita.

3. Beli botol yang berkualitas
  Jika ingin membeli air kemasan dalam botol pastik, kami sarankan untuk membeli air kemasan dalam botol berkualitas yang bisa dipakai ulang. Sehingga tidak perlu membeli botol dalam jumlah banyak. Dalam hal ini mengurangi artinya kita menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar kita.

4. Mengelola sampah rumah tangga
  Beli tempat sampah khusus atau gunakan kotak kertas berukuran kecil untuk mendaur ulang. Karena selain efektif, bahan-bahan yang digunakan juga ramah lingkungan. Pastikan teman-teman juga memiliki lokasi daur ulang  agar bisa mendaur ulang sampah yang teman-teman punya.

5. Siapkan tempat sampah kemanapun teman-teman pergi
   Sediakanlah tempat sampah khusus ketika teman-teman sedang melakukan hiking, mengemudi ataupun sedang berolahraga dan melakukan kegiatan yang lainnya. Kita bisa membuang sampah tersebut jika kita sudah menemukan lokasi daur ulang atau pada tempat sampah yang telah disediakan.

6. Mendisiplinkan diri
   Cobalah untuk memberikan hadiah dan hukuman bagi diri sendiri. Jika lupa melakukan daur ulang, teman-teman bisa mengganti waktu daur ulang yang hilang ketika sedang ada waktu senggang. Berikan hadiah yang memotivasi seperti meyakinkan hati  bahwa ketika kita melakukan daur ulang, kita sudah menjadi bagian dari masa depan yang lebih baik. (Meli)

Sumber:
www.hijauku.com
http://unilevergreenandclean.co.id/en.php/tipslingkungan/read/22/1/tipslingkungan
http://deslisumatran.wordpress.com/2010/03/28/makna-tanda-recycle-pada-plastik/

2 komentar: