Kamis, 20 Desember 2012

Pabrik Pembakaran Sampah di Maishima Osaka Jepang


Sampah merupakan suatu masalah yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita. Karena banyaknya sampah yang tidak diurus dan dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan akan menumpuk terus hingga mencapai jumlah yang tak terkira dan jelas akan mencemari lingkungan
daur-ulang-sampah-plastik.jpg
Tumpukan sampah-sampah diatas adalah tumpukan sampah yang ada di Indonesia. Untuk membantu Indonesia dalam mengatasi permasalahan sampah tersebut mungkin ada baiknya kalau melihat kota Osaka di Jepang yang telah selesai dengan masalah sampah. Di berbagai sudut kota, di jalanan, di aliran sungai, atau di taman, tak ada yang namanya sampah berserakan, apalagi tumpukan sampah.
Pengelolaan sampah di Osaka, salah satunya, ada di istana bermain warna-warni yang bernama Maishima Incineration Plant atau Pabrik Pembakaran Sampah Maishima. Bentuk gedungnya unik tak memperlihatkan sama sekali bahwa itu adalah tempat pengolahan sampah. Benar-benar kalau dari luar tampak seperti istana bermain.
bbywun9f.jpg

lztkqlsx.jpg
uqvnriwj.jpg
Pengalaman Osaka ini bisa menjadi pelajaran bagi pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya Jakarta yang tiap hari selalu mengalami masalah sampah. Tinggal sekarang kemauannya saja.

Posted by Stefan Wahyudi

Sumber diambil dari http://iwantaufik.blogdetik.com/2012/01/03/pabrik-pembakaran-sampah-di-maishimaosaka-jepang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar