Sabtu, 29 Desember 2012

Dampak Negatif Sampah Terhadap Kehidupan Laut dan Manusia

Hello agaiinnn !!! Pasukan Oranges is Back !! Hari ini kita akan membahas mengenai Dampak negatif atau buruk dari sampah bagi kehidupan laut dan kitaa :D

Banyak dari kita yang selalu memimpikan liburan di pantai. Banyak yang menyukai pemandangan lautnya, bermain pasir, menghirup wanginya pantai dan juga berenang di air yang jernih dan segar. Akan tetapi, apa yang kita lihat pertama kali ketika kita sampai? Pasti ada sampah.

Pantai indah yang kita impikan sudah tercemar sampah. namun, sadarkah kita bahwa kita jugalah, manusia, yang mencemarinya dengan sampah. Banyak pengunjung pantai yang suka membuang sampah sembarangan di pantai dan laut. Manusia terkadang malas untuk menyimpan sampah sebentar hingga ia menemukan tempat sampah atau bahkan bergerak mencari tempat sampah.

Hai teman-teman, selain merusak pemandangan laut dan pantai, sampah juga mengakibatkan dampak negatif lain bagi kehidupan laut dan kita, yang menikmati keindahannya.

Berikut, dampak negatif sampah terhadap kehidupan laut dan manusia.
1. Sampah mengganggu pergerakan satwa laut yang terjerat didalamnya
Banyaknya sampah di laut, baik yang mengambang maupun yang tenggelam, semua itu mengganggu pergerakan para satwa laut seperti ikan, penyu, dan anjing laut. Sampah kantong plastik, jaring, dan tali pancing menjadi penghalang bagi pergerakan satwa laut. Banyak ikan yang perjalanannya terhalang oleh plastik-plastik bahkan terjerat benang pancingan.
2. Banyak satwa laut yang mati akibat mengira sampah plastik sebagai makanannya
Akibat sampah, makanan satwa laut menjadi tercemar, dan mereka bahkan bingung mengenai makanan apa yang baik dan patut dimakan. Banyak satwa laut seperti ikan, penyu, bahkan burung yang makan ikan laut yang memakan sampah plastik. Karena memakan sampah, banyak dari mereka yang mati karena sampah plastik berbahaya dan bahkan tidak bisa terurai. Lebih bahayanya lagi jika ikan yang memakan racun di laut itulah ikan yang kita makan juga.

3. Tumpukan sampah di laut mencemari kejernihan dan kesegaran air laut
Jenis sampah yang dibuang di laut sangat beragam. Ada yang merupakan sampah plastik, botol, bahkan sisa makanan manusia serta pembuangan dari kapal yang melaut. Semua jenis sampah itu dapat mencemari air laut. Plastik dan botol minuman bekas, yang dalam pembuatannya mengandung bahan kimia, dapat menyebarkan racunnya ke air laut. Sisa makanan manusia dan pembuangan dari kapal juga merncemari air laut karena pembusukan sisa makanan tersebut. Air laut yang harum wanginya, bisa menjadi bau busuk. Rasa air laut yang asinpun dapat menjadi rasa lain karena tercampur makanan sisa yang membusuk di laut.

4. Sampah mengganggu kegiatan olahraga selancar dan menyelam
Para peselancar terganggu kegiatannya akibat semakin banyaknya laut yang tercemar sampah sehingga semakin sulit mencari pantai yang ombaknya tinggi serta bersih dari sampah.
Penyelampun mengeluh mengenai sampah yang menutupi keindahan bawah laut. Cantiknya terumbu karang harus diganggu oleh sampah yang berada disekitarnya bahkan tersangkut di terumbu karang.

5. Laut yang sudah tercemar sampah akan menyebabkan penyakit
Jika laut sudah tercemar sampah, maka virus, bakteri dan parasit akan hidup didalamnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit bagi orang-orang yang berenang di laut. Penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh air laut yang tercemar adalah diare, infeksi hidung, telinga, dan mata serta gangguan pada kulit.

6. Sampah di laut menghambat perjalanan dan merusak kapal laut
Sampah yang ada di laut dapat menghambat bekerja baling-baling kapal yang ada di bawah laut. Terhambatnya kerja baling-baling kapal juga dapat merusak sistem dan membahayakan tangkai kemudi. Sampah-sampah yang tersangkut dapat pula menyebabkan proses pengambilan air laut ke kapal dan evaporator kapal menjadi terhambat.

Nah demikian lah beberapa dampak negatif dari sampah-sampah yang ada di laut bagi kehidupan laut dan juga manusia. Banyak sekali yang dirugikan bila sampah mencemari laut. Maka daripada itu, ayo buanglah sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah ke laut! Keindahan laut itu milik bersama, jadi jangan dikotori yah :D #TrashToTrashbin (Mei)

sumber:


2 komentar: