Selasa, 25 Desember 2012

Bahan Bakar Minyak dari Sampah Plastik

Hello guys... kalian tau ga kalo hari ini kita akan ngebahas mengenai apa? Ga tau ya? kita hari ini bakal ngebahas mengenai alternative yang kreative untuk menjaga bumi kita dari polusi udara yaitu bahan bakar minyak.

Alternative untuk pembuatan bahan bakar ini adalah sampah yang paling banyak serta paling sulit untuk di hancurkan. Yap ga lain dan ga bukan adalah sampah plastik. Karena idea sang guru kimia yaitu bapak Tri Handojo dari SMK Negeri Madiun ini semoga idea beliau dapat berjalan dengan baik sehingga alam kita terlindungi dari bencana serta kerusakan.Well ide ini dikerjakan bersama dengan para anak didik beliau dan menimbulkan hasil pada akhir 2010.

Pembuatan alatnya pun sederhana hanya menggunakan tabung gas 3kg yang dipergunakan untuk proses pembakaran sampah plastik setelah itu dilakukan penyulingan. Alat ini dapat fi buat dengan harga berkisar 650rbu hingga 100juta rupiah, biaya tergantung keperluan. Ayo kita lihat proses pembuatannya

" Pertama melalui pembakaran hingga 600 derajat celcius, lalu disuling dan penjernihan. Uap hidrokarbon hasil pembakaran inilah yang menjadi minyak yang bisa digunakan untuk bahan bakar. " ucap pak tri

Alat pembakaran dibuat dari tabung gas elpiji yang memiliki Standar Nasional Indonesia ukuran 3 kilogram. Tabung elpiji dilubangi dan dipasang corong besi dengan cara dilas. Corong ini untuk memasukkan bahan plastic yang dibakar dalam tabung.

Setelah itu, tabung pembakaran dihubungkan dengan pipa penyulingan yang terhubung dengan tabung penadah uap yang mencair jadi minyak. Semua jenis plastic dapat diolah untuk menjadi bahan bakar.

Plastic yang dimasukkan ke dalam tabung di panaskan dengan gas elpiji sehingga terursi dan uapnya mengendap menjadi minyak dan siap digunakan.

Wah, ternyata susah juga ya teman-teman cara pembuatannya. but, tetap semangat ya untuk terus berkarya kalau bukan kita para kaum muda ^^
#TrahToTrashBin see ya... (medi)

Source: http://melajang.blogspot.com/2012/04/bbm-dari-sampah-plastik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar