Minggu, 25 November 2012

4 Hal yang Tidak Boleh Kita Lakukan Terhadap Sampah Plastik


          We are back! Now, kita kan membahas mengenai 4 hal yang tidak boleh kita lakukan terhadap sampah plastic. Hal ini banyak dilakukan oleh beberapa orang namun mereka tidak sadar akan akibat yang mereka telah lakukan. Untuk itu, kita akan kasih tau teman-teman mengenai hal tersebut sebagai pencegahan supaya teman-teman tidak melakukannya dan bisa menyebarkan info ini ke yang lainnya. Maybe, 4 hal ini bisa disingkat menjadi 4J a.k.a 4 JANGAN!

Mari kita bahas :D
1   1. Jangan Membakar Sampah Plastik

Membakar sampah plastic sama saja menambahkan racun ke dalam udara yang kita hirup. Mengapa bisa begitu? Itu semua disebabkan oleh terlepasnya zat-zat kimia beracun sebagai dioksin, dari sampah plastic yang dibakar, ke atmosfir sehingga bercampur dengan udara yang kita hirup. 
Hal ini tidak bisa dianggap enteng karena polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran sampah plastic dapat mengakibatkan dampak negative pada kesehatan kita. Beberapa penyakit yang bisa ditimpulkan oleh asap pembakaran sampah plastic adalah gangguan saluran pernapasan, kanker paru-paru,  hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, memicu depresi, dan melemahnya kekebalan tubuh.

     2. Jangan Mengubur Sampah Plastik
Seperti yang kita tahu, sampah plastik membutuhkan ratusan bahkan jutaan tahun untuk hancur. Jadi, jika kita menguburnya hal tersebut justru akan berakibat buruk karena partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. 

3   3. Jangan Membuang Sampah Organik yang Masih Terbungkus dalam Sampah Plastik
      Jika kita ingin membuang sampah, dimana masih ada sisa sampah organic seperti makanan di dalam sampah plastic, ada baiknya kita memisahkannya. Buanglah sampah organic ke tempat sampah organic dan plastiknya ke tempat sampah non-organik.
         Kenapa harus seperti itu? Karena, sampah organic yang terjebak dalam sampah non-organik seperti plastic, justru akan diperlambat pembusukannya (penguraian).

4. Jangan Membuang Sampah Plastik ke Tempat Genangan Air
         Hal yang satu ini pasti kita sudah tahu apa akibatnya. Jangan membuang sampah plastik ke tempat yang terdapat genangan air seperti kali, sungai, danau, laut dan lain-lainnya. Mengapa? Massa atau berat plastik lebih kecil dibandingkan air alias lebih enteng sehingga menyebabkannya mengambang di permukaan air. Karena sulit terurai, sampah plastik yang menggenangi air akan menyumbat aliran air. Penyumbatan aliran air inilah yang menyebabkan terjadi banjir pada saat musim hujan. 

Kesimpulannya, jangan membakar dan mengubur sampah plastic, jangan membuang sampah organic yang masih terbungkus dalam sampah plastic, dan jangan membuang sampah ke tempat genangan air yah teman-teman. teman-teman ga mau kan kalo kebanjiran terus atau sesak napas karena asap bakarn sampah??! 

Hal ini mudah kok untuk dilakukan:D dan jangan lupa untuk memberitahu teman-teman yang lain juga mengenai pengetahuan ini karena hal ini sangat bermanfaat untuk kita ketahui..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar