Selasa, 01 Januari 2013

Manfaat Mengelola Sampah


Hi guys, ketemu lagi dengan Pasukan Oranges nih di Tahun 2013. Melewati tahun sebelumnya yaitu tahun 2012, teman-teman harus lebih semangat lagi nih untuk menjadikan kota tempat teman-teman tinggal menjadi bersih dan indah dengan mengelola sampah yang ada di kota teman-teman. Selain mengurangi jumlah sampah yang ada, mengelola sampah juga mempunyai manfaat lain loh! Kira-kira apa yah manfaatnya? Ayo kita lihat pada artikel yang di bawah ini.

Beberapa manfaat dalam mengelola sampah sebagai berikut:

1. Sebagai pupuk organic dari tanaman atau yang biasanya kita sebut sebagai kompos. Kompos dapat memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan organic tanah dan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air dalam tanah pun akan meningkat.

Cara membuat kompos:
a. Buat lubang pada kedalaman 100 cm dengan diameter 50 cm
b. Isi lubang yang ada dengan sampah-sampah organic selama 3 hari atau seminggu sekali
c. Kurang lebih 3 bulan, dipastikan sampah organic sudah terurai oleh binatang-binatang yang hidup di dalam tanah
d. Setelah 3 bulan, kompos pun dapat di panen
e. Setelah memanen kompos, isilah kembali lubang dengan sampah-sampah organic

2. Membantu kinerja Lubang resapan Biopori (LRB), lubang-lubang yang teman-teman buat tersebut bukan hanya sebagai penampung sampah organic, tetapi bisa berfungsi juga sebagai pembantu semua binatang yang hidup di dalam tanah utnuk membuat terowongan-terowongan kecil di dalam tanah agar air hujan dan buangan air darimana pun mudah terserap ke dalam tanah. Maka, dengan adanya pakan untuk binatang dalam tanah yang berasal dari sampah organic, celah-celah dalam tanah akan lebih lebar dan ketersediaan air tanah akan berlimpah.

Cara untuk membuat lubang sampah organic sebagai berikut:
Untuk membuang lubang sampah organic, teman-teman hanya membutuhkan linggis dan sendok tanah. Usahakan membuat lubang ini di tempat yang jarang dilalui orang atau di pojokan halaman. Jika ingin membuat ditenga halaman, bisa ditutup dengan kawat atau jaring yang kuat non-permanen.

Nah itu dia cara-cara yang mudah untuk mengelola sampah. Hayoo dimulai dari sekarang yuu :D kan jadi ga perlu keluarin biaya untuk membeli pupuk baru :D Jangan lupa untuk selalu buang sampah kepada tempatnya, lebih baik lagi kalau dikelola dengan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat yah info dari kami #TrashToTrashbin (Meli)

Sumber:
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/07/09/mengelola-sampah-di-rumah-jadikan-gaya-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar